8 Bahaya Minum Kopi bagi Penderita Jantung Koroner

8 Bahaya Minum Kopi bagi Penderita Jantung Koroner-, Obat Jantung -, Jantung koroner merupakan penyakit jantung yang sangat terkenal diantara semua jenis penyakit jantung. Jantung koroner sendiri yaitu rusaknya dinding pembuluh darah akibat serangan radikal bebas yang menyebabkan pembuluh arteri koroner tidak bisa memasok kadar darah yang cukup untuk dialirkan menuju jantung dan akibatnya terjadi penyempitan serta penumpukan dan pengerasan plak – plak di  dinding arteri koroner.

Banyak penderita jantung koroner atau mereka yang baru saja pulih dari penyakit jantung koroner menyukai kopi. Lalu apa itu diperbolehkan ?

8 Bahaya Minum Kopi bagi Penderita Jantung Koroner

8 Bahaya Minum Kopi bagi Penderita Jantung Koroner

Baik Anda yang sedang mengalami jantung koroner atau sudah sembuh dari jantung koroner, minum kopi sangat tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan pengaruh buruk bagi tubuh dan jantung Anda.

  • Denyut Jantung Lebih Cepat

Orang yang mengkonsumsi kopi secara berlebihan setiap hariya yaitu lebih 4 gelas dalam satu hari, maka kandungan kafein yang terdapat dalam kopi bisa menyebabkan denyut jantung menjadi lebih cepat daripada normalnya serta kondisi seperti ini bisa saja menyebabkan jantung berhenti secara mendadak.
Baca: Cara Mengobati Jantung Bengkak Pasca Melahirkan

  • Mempersempit Pembuluh Darah Menuju Katup Jantung

Minum kopi dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan pembuluh darah yang menuju jantung mengalami penyempitan dan menganggu kinerja jantung dalam memompa darah serta menjadi tidak lancar untuk dialirkan keseluruh jaringan tubuh

  • Jantung Lebih Mudah Lelah

Mengkonsumi minuman yang mengandung kafein salah satunya kopi di pagi hari dengan jumlah berlebihan  bisa menyebabkan kinerja jantung menjadi lebih cepat daripada normalnya, lebih berat serta tida beraturan. Kondisi seperti ini yang bisa mengakibatkan keseimbangan tubuh terganggu seperti sesak nafas, nyeri dada dan jatuh tidak sadarkan diri.
Baca: Obat Jantung Koroner

  • Pembuluh Darah Arteri Koroner Iritasi

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi jika terlalu banyak masuk ke darah maka bisa merusak dan melukai pembuluh darah arteri koroner, ini artinya kandungan kafein mendorong penumpukan asamlemak dan kalsium yang berada disekitar pembuluh darah arteri yang pada akhirnya menyebabkan pergeseran dinding pembuluh darah arteri menuju jantung.
Baca: Obat Manjur Jantung Bengkak

  • Mengganggu Arteri Koroner

Kandungan kafein yang berlebihan bisa menyumbat arteri koroner jantung dengan cepat apabila seseorang ternyata merupakan pencandu rokok, pencandu narkoba dan kurang beristirahat.

  • Serangan Jantung Mendadak

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan denyut jantung berhenti dengan cepat setelah 1 jam dikonsumsi bisa terjadi pada orang yang minum kopi pasif atau jarang mengkonsumsi kopi.
Baca: Tips Perawatan Pasca Operasi Jantung Koroner

  • Pembuluh Darah Mengerut dan Mengecil

Tubuh yang memiliki kandungan kafein dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi berkerut serta mengakibatkan gangguan pada jantung saat sedang memompa darah. Denyut jantung juga berubah menjadi lambat dan tersendat – sendat. Kondisi seperti ini bisa mengakibatkan penderitanya nyeri dada, sesak dada serta tidak mampu berjalan lama.

  • Kematian

Bahaya minum kopi bagi penderita jantung yang paling fatal adalah kematian, seseorang yang kelelahan akibat pekerjaannya, menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi serta sedang terkena kelelahan dalam tubuh. Sebisa mungkin hindari untuk mengkonsumsi kopi dan perbanyak minum air putih agar jantung tetap sehat.
Baca: Manfaat Daun Sirih untuk Menyembuhkan Jantung Bengkak

Maka dari itu bisa disimpulkan, kandungan kafein yang berada di dalam kopi kurang baik dan memiliki banyak efek samping yang bisa menyebabkan tubuh mengalami gangguan. Jantung yang tidak siap menerima zat berat dan memicu jantung bekerja dengan berat secara mendadak, apabila tubuh tidak bisa menerima kondisi seperti itu maka terjadi kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *