Bahaya Kecanduaan Narkoba Merusak Kesehatan Jantung

Penyalahgunaan zat terlarang pada sebagian orang bahkan pengguna diantaranya yang lebih banyak adalah remaja bukanlah fenomena yang baru dan hal ini tentunya harus segera di atasi. Terlebih jika Anda mengkonsumsi obat ini dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan kecanduan dan merusak organ dalam tubuh secara perlahan.

Mengkonsumsi narkoba dilihat dari sisi manapun tidak memberikan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut informasi selengkapnya mengenai bahaya kecanduan narkoba merusak kesehatan jantung.

bahaya-kecanduaan-narkoba-merusak-kesehatan-jantung

Berdasarkan dr Teuku Istia Muda Perdana, SpJP, FIHA dari RS jantungDiagram, Siloam Hospital Group, dampak dari penggunaan narkoba sangat berpengaruh pada jantung mulai dari gangguan ringan hingga berat dan berikut dampak mengkonsumsi narkoba pada jantung.

  • Kokain, Ekstasi dan Amfetamin

Ketiga jenis zat ini memberikan pengaruh yang sama pada jantung dan ini akan menyebabkan peningkatan hormon katekolamin yang bisa mengakibatkan jantung menjadi bekerja lebih keras. Dampak yang ditimbulkan adalah peningkatan tekanan darah secara mendadak.

Terjadinya peningkatan kerja jantung secara mendadak maka kebutuhan akan oksigen serta otot jantung meningkat dan apabila hal ini tidak bisa terpenuhi bisa menyebabkan kematian otot jantung.

  • Psilocybin dan LSD (Mushroom)

Kedua zat ini memiliki sifat halusinogenik atau bisa menyebabkan penggunanya mengalami halusinasi sedangkan efek buruknya pada jantung bisa meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah atau hipertensi. Sedangkan efek yang jarang terjadi dan bisa saja terjadi adalah gangguan irama jantung seperti takiaritmia diaman denyut jantung menjadi lebih cepat.

  • Morfin dan Turunan Variasinya

Di dunia medis, morfin merupakan suatu penangkal nyeri yang kuat dan sering digunakan oleh tentara pada era perang dunia. Namun, penggunaan yang berlebihan dari zat ini bisa menyebabkan ketergatungan. Zat yang satu ini memberikan efek terbang pada penggunanya.

Meskipun efek utamanya penurunan tekanan darah dan denyut jantung jika semakin banyak dosis yang dikonsumsi maka akan semakin besar efek yang diturunkan oleh kerja jantung serta bisa berakibat fatal seperti mengalami syok dan henti jantung.

  • Ganja

Apabila penggunaannya cukup sering dan dalam dosis yang tinggi bisa menyebabkan tekanan darah menurun serta denyut jantung meskipun jarang menyebabkan keadaan fatal. Dokter Dani menegaskan semua golongan obat terlarang memiliki dampak buruk dan bahaya yang sama bagi kesehatan jantung jika disalah gunakan.

Terlepas dari berapapun usia penggunanya, semakin tinggi dosis yang dikonsumsi maka akan semakin sering intensitasnya dan ini akan lebih cepat dalam merusak organ tubuh termasuk jantung.

Sayangnya, banyak pemakai narkoba tidak bercerita pada orang lain seringkali mereka datang ke rumah sakit dengan kondisi jantung yang sudah parah.

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *