Cara Mencegah Jantung Bengkak Dan Batuk yang Aman

Jantung bengkak merupakan jenis penyakit jantung yang sama berbahayanya dengan serangan jantung dan jantung koroner, tapi sayangnya hingga saat ini masih banyak orang yang belum mengenali adanya penyakit ini atau bahkan mereka tidak menyadari penyakit ini. Maka dari itu pencegahan menjadi satu jalan yang utama untuk terhindar dari penyakit mematikan ini, simak selengkapya di cara mencegah jantung bengkak dan batuk yang aman.

cara-mencegah-jantung-bengkak-dan-batuk-yang-amanJantung bengkak serta batuk merupakan dua hal yang sangat berhubungan erat dan bisa dikatakan batuk menjadi gejala awal yang menunjukan bahwa adanya masalah pada jantung Anda. Maka jika Anda terserang batuk yang tidak kunjung sembuh, Anda harus segera memeriksakannya pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jika perlu Anda melakukan full check up untuk memastikan kondisi jantungAnda baik – baik saja.

Batuk yang kami maksud disini bukan batuk yang diakibatkan karena flu dan bisa sembuh setelah mengkonsumsi obat. MelainkanĀ  batuk yang bisa mengidentifikasikan tanda – tanda jantung bengkak yaitu batuk berlendir yang tidak ada henti – hentinya.

Bukan riak melainkan semacam lendir dan batuk ini disebabkan karena penyakit jantung yang membengkak dan menindih paru – paru serta menyebabkan pernapasan menjadi terhambat. Sistem pernapasan sendiri berhubungan dnegan batuk, maka dari itu jantung bengkak dan batuk tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Khusus bagi Anda yang sudah berusia 50 tahun jangan meremehkan pemeriksaan, pada usia lanjut biasanya cukup rawan untuk terkena penyakit jantung bengkak dan batuk yang terjadi terus – menerus. Jadi jangan menganggap batuk yang terjadi terus – menerus merupakan hal wajar karena usia yang sudah semakin menua. Jenis apapun penyakitnya tidak ada yang wajar dan tidak ada yang berdampak baik untuk tubuh, seringan apapun penyakitnya lebih baik segera diobati sebelum berubah menjadi lebih berbahaya.

Seperti kisah yang pernah dialami oleh seorang ibu dari tiga anak bersaudara yang baru memasuki usia 50 tahunan di Semarang. Mulanya dia sering merasa tiba – tiba menggigil kedinginan dan keluarnya berpikir itu hanya masuk angin biasa, sehingga mereka hanya menyelimutinya dengan menggunakan selimut yang tebal, dibuatkan teh hangat dan diberi minyak kayu putih. Tapi lama – kelamaan, ibu ini menderita sesak napas dan batuk – batuk berdahak, seiring waktu maka semakin parah penyakitnya dan keluarganya masih menganggap itu penyakit biasa hingga pada akhinya ibu itu collapse dan masuk ICU.

Setelah di tes oleh dokter, ternyata diketaui bahwa ibu tersebut menderita penyakit jantung bengkak dan batuk yang tiada hentinya itu menjadi salah satu gejala jantung bengkak.

Hingga saat itu ibu tersebut harus rutin mengkonsumsi obat jantung bengkak yang diberikan oleh dokter untuk bisa bertahan hidup dari penyakit jantung bengkak dan batuk sesak napas yang semakin menjadi.

Cara Mencegah Jantung Bengkak Dan Batuk yang Aman

Jantung bengkak bisa dihindari dengan menjauhi apa saja yang menjadi penyebab jantung bengkak seperti darah tinggi atau hipertensi, penyakit katup jantung, penyakit otot jantung, hipertensi pulmonal, kurang darah atau anemia, gangguan tiroid, amiloidosis, kekurangan sel darah merah. Maka perubahan gaya hidup yang sebelumnya kurang sehat harus Anda ubah menjadi lebih sehat seperti berikut ini :

  • Menghindari rokok
  • Menurunkan berat badan jika Anda mengalami obesitas
  • Kurangi asupan garam dalam makanan
  • Kendalikan diabetes jika Anda mengidap penyakit yang satu ini
  • Hindari alkohol dan kafein
  • Istirahat yang cukup dan tidur 8 jam sekali
  • Melakukan olahraga ringan setiap harinya sesuai dengan rekomendasi dari dokter

Nah itulah beberapa cara mencegah penyakit jantung bengkak yang bisa Anda lakukan semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. Salam sehat.

Artikel Terkait Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *