Faktor Pemicu Miokarditis, Penyakit Jantung Pada Anak Muda

Faktor Pemicu Miokarditis, Penyakit Jantung Pada Anak Muda -, Radang merupakan reaksi tubuh yang normal pada luka atau infeksi, bisa Anda bayangkan jika jari Anda terkena luka dan diwaktu yang sangat singkat ada jaringan di sekitar luka bengkak dan menjadi merah. Gejala peradangan sendiri pada umumnya menunjukan sistem imun yang memproduksi sel khusus pada bagian luka untuk melakukan perbaikan. Meskipun terkadang pada beberapa kasus proses penyembuhan ini bisa berlangsung cepat dan bisa juga menjadi sangat berbahaya.

Penyakit yang ditandai dengan peradangan otot jantung atau dikenal dengan miokardium yaitu otot dinding jantung ini merupakan definisi dari miokarditis.

Otot yang bertugas mempompa darah masuk dan keluar dari jantung keseluruh bagian tubuh, apabila otot tersebut mengalami masalah maka darah tidak akan terpompa dengan baik dan menyebabkan permasalahan seperti detak jantung tidak teratur dan kesulitan bernapas atau bahkan kasus yang paling berbahaya pembekuan darah, stroke, serangan jantung dan kerusakan jantung.

Faktor Pemicu Miokarditis, Penyakit Jantung Pada Anak Muda

Faktor Pemicu Miokarditis

Pada umumnya penyebab miokarditis diantaranya bakteri, virus, infeksi jamur. Ketika infeksi berusaha untuk menyerang maka sistem imun bisa melawan dengan melepaskan zat kimia untuk melawan penyakit ini. Kondisi ini yang menyebabkan adanya peradangan, tapi peradangan bisa berefek pada jantung melemah. Beberapa penyakit autoimun diantaranya seperti lupus yang bisa melawan sistem imun jantung dan menyebabkan radang serta kerusakan. Cukup sulit untuk memastikan apa tepatnya penyebab miokarditis tapi berikut ini adalah bebrapa faktor pemicu miokarditis yang potensial.

  • Penyakit Radang

    Penyakit yang bisa menyebabkan radang pada bagian tubuh lainnya sepertiĀ  rheumatoid arthritis yang juga bisa mengakibatkan miokarditis pada seseorang.

  • Parasit

    Parasit merupakan serangga kecil yang dibawa oleh serangga yang bisa mengakibatkan miokarditis dan penyakit lainnya. Parasit umumnya lebih sering terjadi di Amerika Tengah atau Amerika Selatan.

  • Jamur

    Diantaranya infeksi jamur candida, jamuu mold dan jenis jamur lainnya yang bisa mengakibatkan seseorang terkena miokarditis.

  • Bakteri

    Meskipun jarang terjadi tapi miokarditis bisa disebabkan akibat staphylococcus, streptococcus, bakteri penyebab penyakit Lyme dan dipetri.

  • Virus

    Penyebab miokarditis yang paling sering ditemukan adalah virus. Bebrapa jenis virus diantaranya coxsackie virus B, adenovirus yang bisa menyebabkan pilek dan parvovirus B19 yang mengakibatkan fifth disease. Sedangkan kemungkinan lainnya meliputi echoviruses atau penyakit gastrointestinal, Epstein-Barr (mononucleosis) dan rubella atau campak. Penderita AIDS juga memiliki resiko yang tinggi.

Cara mengobati miokarditis sebenarnya dilakukan dengan melihat seberapa parah radang terjadi, meskipun dalam beberapa kasus pembengkakan akan menghilang dengan sendirinya dan Anda akan sembuh dengan sepenuhnya. Jika Anda memiliki masalah maka dokter bisa memberikan resep obat untuk membantu proses anti-peradangan dan merekomendasikan Anda untuk diet rendah garam serta kemungkinan tubuh Anda akan diberikan diuretik untuk mengeluarkan cairan yang berlebihan dalam tubuh.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *