Hubungan Antara Obesitas Dengan Penyakit Jantung Koroner

Obat Jantung | Hubungan Antara Obesitas Dengan Penyakit Jantung Koroner -, Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan salah satu ganggaun medis yang berupa kelebihan lemak dalam tubuh dan yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menyebabkan dampak atau bahaya yang bisa merugikan kesehatan kondisi tubuh Anda sehingga kondisi seperti ini mengakibatkan menurunnya tingkat harapan hidup atau masalah kesehatan.

Seseorang bisa dikatakan mengidap obesitas atau kelebihan berat badan apabila, indeks masa tubuh (IMT) yaitu ukuran yang diperoleh dari hasil pembagian berat badan kilogram dengan kuadrat tinggi badan dalam meter lebih dari 30kg/m2.

Kegemukan meningkatkan peluang terjadinya berbagai macam penyakit khususnya diabetes tipe 2, jantung, apnea tidur obstruktif, kanker tertentu, osteoartritis dan asma. Kegemukan sangat sering disebabkan oleh kombinasi antara asupan energi makanan yang berlebihan, kurangnya aktivitas fisik dan kerentanan genetik meskipun sebagian kecil kasus disebabkan akibat mengkonsumsi obat – obatan, gangguan endokrin, gen dan psikiatri.

Hubungan Antara Obesitas Dengan Penyakit Jantung Koroner

Hubungan Antara Obesitas Dengan Penyakit Jantung Koroner

  • Kegemukan atau obesitas yang dialami akan meningkatkan resiko terjadinya jantung terutama jantung koroner. Kondisi seperti ini disebabkan akibat perubahan aliran darah yang tertahan akibat lemak yang tertimbun di dalam tubuh manusia. Penimbunan lemak juga bisa mengakibatkan kolesterol jahat semakin banyak tertimbun dan kolesterol baik akan semakin menurun.
  • Penyakit jantung koroner juga akan mengalami peningkatan 10 kali lebih banyak pada tubuh yang mengalami kelebihan berat jika dibandingkan dengan seseorang yang mempunyai tubuh normal, hal ini dikarenakan seseorang yang mengalami kelebihan berat badan akan mempengaruhi cara kerja jantung dalam darah memompa  untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh menjadi lebih keras daripada biasanya.
  • Bagi seseorang yang mengalami penyakit gagal ginjal biasanya akan terjadi sesak nafas pada aliran pernafasan dan tungkai menjadi bengkak serta fakta lain yang harus Anda ketahui adalah kegemukan atau kelebihan berat badan menyebabkan penyempitan pembuluh darah karena lemak bisa menyebabkan tekanan darah naik ke jantung sehingga jantung akan mengalami penebalan serta ditambah dengan kuranya asupan oksigen yang bisa mempengaruhi gagal jantung yang bisa dialami oleh seseorang yang mengidap obesitas.

Artikel Terkait Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *