Kenali Penyakit Jantung Bocor pada Bayi

Jianxin Capsule – Pada umumnya penyakit jantung bocor menimpa anak – anak, berdasarkan data dari pusat jantung nasional harapan kita lebih dari 1000 kelahiran di berbagai tempat, 6-7 diantaranya terserang penyakit jantung bocor pada bayi. Maka dari itu Anda selaku orang tua harus mengetahui penyakit jantung yang satu ini. Berikut informasi selengkapnya di Kenali Penyakit Jantung Bocor pada Bayi.

Berdasarkan banyak kasus, umumnya bayi yang lahir dengan kelainan jantung itu meninggal sebelum berusia 1 tahun, tapi bukan berarti semua bayi akan seperti itu. Bayi masih bisa diselamatkan baik dengan mengkonsumsi obat – obatan yang sudah terpercaya atau melakukan pembedahan jantung bocor pada bayi.

Kenali Penyakit Jantung Bocor pada Bayi

Ada banyak pemicu yang mengakibatkan bayi mengalami jantung bocor, mulai dari trimester pertama yaitu waktu krusial untuk pembentukan jantung. Jika ibu si janin berusia di atas 40 tahun dan mengidap peyakit kencing manis, hipertensi atau darah tinggi, campak serta merokok ketika janin berusia tiga bulan maka kemungkinan terjadiya kelainan jantung tidak dibisa dipungkiri. Sedangkan faktor lain yang bisa menyebabkan bayi mengalami jantung bocor akibat tuturan chaya rontgen, trauma fisik dan jiwa, minum jamu atau alat kontrasepsi dan faktor keturunan.

Aliran darah dari bayi yang ada di dalam kandungan berbeda dengan manusia yang dilahirkan, selama dalam masa kandungan ibu, sebagian darah bayi dialirkan melalui pembuluh nadi di tali ari atau umbilicus menuju plasenta. Di sana darah akan melepas sisa pembakaran melalui proses peyerapan oleh darah ibu dan mengambil oksigen serta makaan yang berada dari darah ibu.

Baca :

Dari plasenta darah akan dialirkan melalui pembuluh balik tali ari atau vena umbilicalis ke hati untuk diolah, karena hatibelum berfungsi dan kandungan makanan sudah selesai oleh ibu maka darah langsung dialirkan ke serambi kanan jantung.

Sebagain darha yang dialirkan ke serambi kanan dan paru – paru, tapi sebagian besar dialirkan menuju ke serambi kirim melalui lubang. Lubang itu, foramen ovale dan memang disediakan untuk keperluan tersebut jika dalam keadaan normal akan segera menutup setelah bayi dilahirkan. Kegagalan menutup lubang ini yang juga menjadi salah satu faktor terjainya kalinan jantung bocor pada bayi.

Penyakit jantung bocor pada bayi sudah terjadi sebelum anak berusia 2 bulan, tahanan atau tekanan yang terjadi di paru masih tinggi sehingga tekanan yangterjadi pada bilik kanan juga akan sangat tinggi. Keadaan ini yang menyebabkan tidak adanya suatu perbedaan mengenai tekanan dari bilik kiri dan kanan. Sehingga meskipun ada lubang maka aliran darah tetap akan melalui lubang tersebut dan masih sedikit sehingga tidak akan menyebabkan masalah seperti bising jantung bahkan tidak terdengar ketika dokter memeriksanya.

Penyebab dari peyakit jantung bocor pada bayi atau penyakit jantung bawaan yaitu sebagian besar atau sekitar 90% hingga saat ini belum diketahui secara pasti tapi ada faktor lain yang menjadi pemicu dari penyebab tibulnya peyakit jantung bocor pada bayi seperti faktor lingkungan diantaranya ibu merokok, minum obat diluar resep dokter, infkeis terjadi sewaktu hamil sedangkan sebayak 7% terjadinya jantung bocor pada bayi disebabkan faktor genetik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *