Penyakit Jantung Koroner Pada Wanita

Jianxin Capsule -, Pada umumnya penyakit jantung dianggap sebagai penyakit pria tapi pada kenyataanya satu dari empat perempuan dikabarkan meninggal akibat penyakit kardiovaskular. Sebuah penelitian mendapati bahwa kebanyakan perempuan yang berusia 10 sampai 15 tahun lebih tua dari laki – laki dan pertama kalinya mengalami serangan jantung. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai penyakit jantung koroner pada wanita.

Penyakit Jantung Koroner Pada Wanita
Serangan jantung koroner yang terjadi pada wanita berbeda dengan serangan yang terjadi pada pria, begitu juga dengan respon pengobatan. Dari segi komplikasi wanita akan mengalami komplikasi yang lebih serius dibandingkan pria dan serangan jantung yang ditemukan pada wanita berusia lebih tua serta kemungkinan beresiko mortalitas yang tinggi. Penyakit jantung koroner yang menyerang wanita memiliki peluang lebih besar untuk mengakibatkan kematian dibandingkan dengan pria.

Serangan jantung yang menyerang wanita kecil kemungkinan menunjukan gejalanya dan hal ini yang menyebabkan kenapa penyakit serangan jantung koroner lebih mematikan pada wanita dibandingkan pria. Gejala jatung koroner pada umumnya akan menyebabkan penderitanya merasa nyeri dada dan ketidaknyamanan namun pada beberapa kasus wanita akan mengalami serangan yang berbeda.

Dalam beberapa kasus, wanita yang mengalami serangan jantung tidak merasakan nyeri dada dan para wanita harus lebih jeli lagi dalam mengenali tanda serangan jantung diantaranya seperti nyeri rahang, leher, bahu dan punggung serta rasa tidak nyaman di perut dan sulit bernapas.

Faktor Resiko Munculnya Jantung Koroner pada Wanita

  • Riwayat keluarga
  • Memiliki kelebihan berat badan atau obesitas
  • Perempuan yang merokok dan memiliki resiko penyakit jantung koroner 6-9 kali lipat dan pria 4-6 kali lipat.
  • Adanya penurunan atau berhentikan produksi hormon estrogen tapi terapi sulih hormon pada perempuan yang sudah menopause akan menyebabkan serangan jantung koroner.
  • Perempuan yang memiliki riwayat penyakit diabetes melitus atau kencing manis memiliki resiko 2 kali lipat terkena jantung koroner dan mengalami penyakit komplikasi penyakit jantung dibandingkan komplikasi lainnya.

Ada banyak penelitian yang mengungkapkan, pola hidup yang modern dan tingkat stress yang tinggi pada wanita modern yang berkarir menjadi salah satu penyebab para wanita mengalami jantung koroner. Pola hidup wanita yang dimaksud yaitu merokok, jarang berolahraga dan sering banyak duduk serta mengandung banyak lemak dan kolesterol.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *