Lahirkan Bayi Prematur Beresiko Sakit Jantung Pada Ibu

Jianxin Capsule -, Lahirkan Bayi Prematur Beresiko Sakit Jantung Pada Ibu -, Melahirkan sebelum waktunya (prematur) bukan hanya memberikan dampak kurang baik untuk kondisi si bayi tapi juga pada penelitian terbaru mengungkapkan kondisi ibu yang melahirkan bayi prematur juga bisa mengalami masalah. Meskipun tidak langsung setelah melahirkan tapi pada saat usianya sudah lebih lanjut.

Lahirkan Bayi Prematur Beresiko Sakit Jantung Pada Ibu

Menurut penelitian dari Brigham and Women’s Hospital, Bostom, wanita yang melahirkan secara prematur memiliki resiko lebih besar terkena serangan jantung dikemudian hari.

Peneliti menggunakan data dari sebuat riset jangka panjang yang melibatkan sekitar 70.000 wanita. Yang diamati dari partisipan diantaranya usia, rasa, tingkat pendidik dan gaya hidup sebelum mengandung.

Hasinya mengungkapkan, wanita yang mengalami persalinan prematur atau persalinan sebelum usia kandungan memasuki usia 37 minggu beresiko lebih tinggi 40% terkena penyakit jantung di kemudian hari jika dibandingkan dengan wanita yang tidak prematur.

Semakin muda usia kandungannya saat persalinan juga menambah tingkat resiko penyakit yang satu ini. Maka dari itu wanita yang melahirkan sebelum usia kandungannya 32 minggu beresiko 2x lipat lebih tinggi.

Resiko yang sama juga bisa terlihat pada mereka yang melahirkan bayi prematur lebih dari satu kali, kendati persalinannya tidak bisa disertai dengan komplikasi seperti preeklampsia.

Menurut peneliti, persalinan prematur bahkan bisa menjadi salah satu faktor tersendiri bagi si ibu untuk terkena penyakit jantung terlepas dari gaya hidupnya sebelum mengandung.

Seperti yang diungkap oleh peneliti, Lauren Tanz pada CBS News “Dugaan kami, setelah melahirkan secara prematur ini sudah menjadi gejala peringatan awal dan ada yang tidak beres dengan kesehatan kardiovaskular seseorang, biasanya terjadi sebelum hamil. Kemudian persalinan itu memicu resiko tersebut muncul lagi.”

Stidaknya karena resiko penyakit jantung seseorang bisa berkembang dari waktu ke waktu dan setelah memasuki waktu persalinan bisa memulihkan diri dengan diiringi gaya hidup yang lebih sehat termasuk pada pola makan menjadi lebih diatur.

“Mereka juga sangat disarankan untuk memeriksakan lebih lanjut terutama untuk mengukur tekanan darah dan kolesterolnya” Lanjutnya.

Nah itulah resiko yang kemungkinan bisa terjadi pada ibu yang melahirkan bayi secara prematur. Alangkah baiknya jika Anda tetap menjaga pola asupan makanan secara teratur dan kesehatan lainnya untuk mencegah resiko penyakit yang bisa kapan menyerang tubuh.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *