Manfaat dan Gizi Buah Ceri

Manfaat dan Gizi Buah CeriJianxin Capsule Original – Buah ceri adalah buah yang tumbuh dari sejenis tanaman yang berasal dari genus prunus. Ada berbagai spesies ceri yang tumbuh di berbagai tempat, beberapa spesies tersebut antara lain adalah P. cerasus, P. avium, P. emarginata, dan lain – lain. Di Eropa buah ceri biasanya matang sekitar bulan juni, sedangkan di Australia buah ceri matang sekitar Natal.

Buah ceri yang sering tumbuh liar di pinggiran jalan maupun semak-semak ini memang tidak membutuhkan perawatan khusus. Tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah di sembarang tempat.

Kandungan Gizi Ceri

Ceri manis dan asam memiliki kandungan gizi berbeda. Meski sama-sama mengandung kalori yang sangat rendah, ceri asam mengandung lebih banyak vitamin C dan A per 100 g-nya. Ceri asam juga lebih kaya akan antioksidan beta karoten, lutein, dan zeaxanthin.

Baik ceri manis maupun asam juga memiliki antioksidan stabil melatonin serta flavonoid antosianin glikosida yang membuat warna mereka menjadi merah. Ceri termasuk salah satu makanan yang memiliki nilai antioksidan ORAC (kapasitas penyerapan radikal bebas) terbesar.

Nilai ORAC ceri manis bahkan sama tingginya dengan stroberi. Selain itu, ceri juga diperkaya dengan mineral seng, zat besi, potasium, mangan, dan tembaga.

Karena itulah maka tidak dipungkiri bahwa buah ceri mengandung banyak sekali manfaat, diantaranya :

  1. Untuk menjaga kesehatan jantung
    Dari hasil studi Universitas Michigan ditemukan bahwa dengan mengkonsumsi buah ceri dapat menurunkan resiko akan penyakit jantung dalam hal ini termasuk peradangan, lemak tubuh serta kolesterol.
  2. Baik untuk diabetes
    Kalori dan karbohidrat ceri termasuk rendah sehingga bisa dikonsumsi penderita diabetes dalam jumlah wajar. Ceri juga berpotensi meningkatkan produksi insulin hingga 50% berdasarkan penelitian dari Michingan State University. Insulin ini meningkat saat dirangsang dengan antosianin dalam ceri. Produksi insulin bahkan meningkat hingga hampir 2 kali lipat saat terkena paparan antosianin yang paling aktif.
  3. Penghilang Rasa Sakit
    Buah ceri bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit tanpa mempunyai efek samping jika dikonsumsi secara tepat.
  4. Merawat Kulit
    Kandungan antioksidan pada buah ini termasuk yang tertinggi. Jus ceri sangat berkhasiat untuk mengurangi terjadinya masalah pada kulit. Ilmuwan dari Amerika juga menyatakan bahwa satu gelas jus ceri bisa mencegah penuaan dini jika diminum setiap hari.
  5. Meningkatkan Gairah Suami Istri
    Buah ceri mempunyai kandungan manfaat vitamin A dan manfaat Vitamin C yang tinggi. Hal ini membuatnya berkhasiat untuk meningkatkan gairah baik pria maupun wanita yang sudah menikah.
  6. Mengurangi Nyeri Otot
    Kandungan anti inflamasi pada buah ceri berkhasiat untuk mencegah nyeri otot. Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan pada atlet lari. Atlet yang meminum jus buah ceri sebelum lari jarak jauh, mengalami nyeri otot yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan atlet yang tidak meminum jus buah ceri.
  7. Efektif untuk Diuretik
    Buah ceri mengandung kalium yang berkhasiat untuk diuretik yang efektif. Sistem diuretik yang baik, akan menjaga teraturnya proses pembuangan urin.
  8. Menurunkan resiko penyakit asam urat
    Antioksidan yang banyak terkandung didalam buah ceri bermanfaat untuk mengurangi asam urat. Bahkan berdasarkan penelitan, khasiat buah ceri dapat menurunkan 75% penyakit asam urat.
  9. Sebagai anti kanker
    Ceri memiliki kandungan antioksidan cyaniding yang dapat membantu untuk melawan sel-sel kanker.
  10. Sebagai anti inflamasi
    Hal ini dikarenakan buah ceri memiliki kandungan antosianin (anthocyanin) yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit dikarenakan radikal bebas.
  11. Meningkatkan memori
    Antosianin yang terdapat dalam buah ceri bermanfaat untuk meningkatkan memori atau ingatan secara berkesinambungan.
  12. Memiliki kandungan beta karoten
    Ceri memiliki kandungan beta karoten yang tinggi sekitar 19 kali lebih besar jika dibandingkan dengan buah blueberry ataupun buah stroberi.
  13. Sebagai obat tidur alami
    Buah ceri juga mengandung melatonin yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur tubuh manusia. Sehingga dengan mengkonsumsi buah ceri maka siklus tidur Anda akan menjadi baik, sehingga tubuh Anda dapat bugar dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *