Manfaat Dan Khasiat Biji Chia

Biji chia memiliki bentuk yang hampir mirip dengan selasih dan biji wijen. Biji chia adalah biji dari tanaman chia. Tanaman chia adalah tanaman asli dari meksiko dan Guatemala. Tanaman chia memiliki nama ilmiah salvia hispanica. Tenaman chia sebenarnya masih kerabat dekat tanaman mint atau lamiaceae. Tanaman chia sudah dibudidayakan oleh orang-orang suku Aztec, Maya dan Inca.

biji chia

Pada akhir abad ke 19 dan awal abad ke 20, jagung dan gandum menjadi pilihan utama sebagai makanan pokok, menggantikan biji chia. Tanpa kita sadari, biji chia memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh kita. menurut beberapa penilitian, biji chia memiliki kandungan gizi yang banyak berikut ini :

  1. Karbohidrat.
  2. Protein.
  3. Lemak dan juga serat pangan.
  4. Vitamin B1, B2 dan B3.
  5. Vitamin C.
  6. Vitamin E.
  7. Kalsium.
  8. Zat Besi.
  9. Magnesium.
  10. Fosfor.
  11. Kalium.
  12. Selenium.
  13. Sodium.
  14. Seng.

Berbagai senyawa dalam biji chia, seperti glikosida flavonol, asam klorogenat, asam caffeic, kaemferol, quercetin, myricetin dan asam linoleat.

Maka biji chia akan memberikan manfaat dan khasiat banyak untuk menunjang kesehatan tubuh kita, berikut ini :

Baik untuk jantung

Biji chia juga dianggap sebagai salah satu makanan yang baik sekali untuk jantung. Dengan banyaknya kandungan asam lemak omega 3, maka biji chia dianggap sebagai sumber omega 3 bagi kalangan vegetarian. Asam lemak omega 3 merupakan lemak baik yang mampu melindungi jantung serta mencegah munculnya penyakit jantung, dengan cara mengurangi kadar omega 6 yang merupakan kolesterol jahat. selain itu omega 3 juga akan menjaga system kardiovaskular tetap sehat dan bebas dari stress.

Menurunkan berat badan

Salah satu alasan utama kenapa Anda harus mengonsumsi biji chia sebab makanan ini baik untuk menurunkan berat badan. Biji chia mampu mengurangi nafsu makan Anda lebih efektif dari makanan sehat lainnya. Biji chia juga mampu menurunkan berat badan namun tetap menjaga agar semua nutrisi makanan bisa terserap dengan baik.

Menyembuhkan diabetes

Biji chia merupakan makanan yang baik untuk mengobati diabetes karena biji chia mampu memperlambat pencernaan dan mengatur kadar insulin darah. Jika Anda merendam biji chia dalam air hangat dan muncul lapisan seperti agar-agar, lapisan ini baik untuk mengontrol kadar gula darah Anda.

Menyehatkan otak

Biji chia mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan otak. Bahkan disebut-sebut kandungan asam lemak ini lebih banyak dibandingkan dengan salmon.

Kaya serat

Kandungan serat di dalam biji chia mampu mengurangi peradangan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan gerakan usus Anda.

Menguatkan gigi dan tulang

Satu porsi biji chia mampu memenuhi seperlima kebutuhan kalsium harian Anda. Kalsium ini membantu memperkuat gigi dan tulang serta mencegah osteoporosis. Selain itu biji chia juga kaya akan mangan, fosfor, dan magnesium yang semuanya baik untuk kesehatan tulang Anda.

Kaya akan zat anti-oksidan

Biji chia mengandung zat anti-oksidan yang mampu melindungi tubuh Anda dari penuaan dini, radikal bebas, dan kanker.

Mendukung manfaat olahraga

Sebuah penelitian kesehatan menunjukkan bahwa biji chia dapat meningkatkan manfaat olahraga dan performa olahraga Anda. Sebab biji chia memberikan banyak nutrisi dan mengurangi asupan gula.

Bebas gluten

Alasan terakhir kenapa biji chia baik untuk menu diet sebab makanan ini bebas dari gluten.

Itulah beberapa manfaat dari biji chia yang mana bentuknya kecil khasiat dan manfaatnya banyak maka jangan meremeh kan hal yang kecil karena hal yang kecil bisa  bisa berkhasiat banyak dari hal yang besar.

Terimakasih telah mengunjungi web http://jianxincapsule.com/ kami semoga dengan artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sudah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *