Ketahui Penyakit Jantung Bengkak Pada Bayi

Obat Jantung -, Sebagian orang pasti sudah mengenal penyakit jantung bengkak dan taukah Anda ternyata jenis penyakit yang satu ini bisa menyerang balita atau bahkan bayi yang baru saja lahir. Untuk informasi selengkapnya bisa Anda baca di Ketahui Penyakit Jantung Bengkak Pada Bayi.

ketahui-penyakit-jantung-bengkak-pada-bayi
Penyakit jantung bengkak tidak memandang usia penderitanya mulai dari bayi, balita, remaja, dewasa hingga lansia bisa terserang penyakit yang sama berbahanya dengan penyakit jantung koroner dan serangan jantung yang jauh lebih dikenal oleh banyak orang dibandingkan dengan jantung bengkak yang masih banyak orang belum mengetahui jenis penyakit yang satu ini. Berdasarkan data medis menurut salah satu website obat jantung, menyatakan pasien yang terkena penyakit jantung bengkak juga banyak dialami oleh balita dan bayi yang baru saja lahir. Berdasarkan latar belakang ini, kami akan membahas lebih jauh mengenai jantung bengkak pada balita agar Anda sebagai orang tua lebih waspada dan mengetahui langkah apa yang harus dilakukan.

Baca : Obat Jantung Bengkak

Penyebab jantung bengkak salah satunya merupakan penyumbatan aliran darah ke jantung sehingga jantung tidak menerima cukup oksigen serta darah dan jantung bengkak bisa menyerang otot jantungnya sendiri lalu mengakibatkan pembengkakan, dalam banyak kasus yang ditemukan biasanya mengalami pembesaran secara tidak normal atau menjadi kaku dan mengakibatkan jatung memompa secara tidak normal atau lebih lemah.

Tanda atau Gejala Jantung Bengkak pada Bayi

Pada bayi yang baru saja lahir biasanya penyakit jantung bengkak ditandai dengan beberapa ciri atau gejala seperti jantung meningkat, nafas menjadi semakin cepat, mudah lelah dan adanya perubahan pada warna kulit bayi.

  • Detak Jantung Meningkat

Pada bayi yang mengalami pembengkakan jantung akan mengalami detak jantung yang semakin cepat hal ini disebabkan akibat jantung yang memompa darah secara maksimal dan mengharuskan jantung bekerja lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tapi biasanya hal tersebut tidak akan langsung terjadi setelah bayi lahir melainkan baru dirasa setelah hitungan bulan bayi lahir.

  • Nafas Lebih Cepat

Normalnya kecepatan bernafas bayi mencapai 40 kali nafas dalam satu menit tapi berbeda pada bayi yang mengalami pembengkakan jantung akan bernafas lebih cepat. Nafas yang lebih cepat ini terjadi akibat jatung membengkak dan mengakibatkan cara kerja jantung menjadi tidak normal.

  • Bayi Mudah Capek

Gejala jantung bengkak pada bayi yang lainnya yaitu bayi akan merasa mudah lelah atau capek meskipun untuk melakukan kegiatan kecil seperti mandi dan makan. Hal ini terlihat dari bayi yang mudah berkeringat meskipun hanya melakukan kegiatan kecil. Bahkan pada kondisi yang sudah parah ditemukan bayi yang berkeringat padahal tidak melakukan aktifitas apapun. Dalam banyak kasus, biasa bayi yang mengalami jantung bengkak sulit untuk meningkatkan berat badan.

Bayi yang mengalami pembengkakan jantung biasanya akan mengalami perubahan warna kulit menjadi kebiruan, kemerahan atau berwarna pucat. Bayi yang berwarna kemerahan disekujur tubuhnya dilahirkan oleh ibu yang mengidap penyakit diabetes. Sedangkan bayi yang berwarna kebiruan di seluruh tubuh atau hanya disekitar mulut menunjukan bahwa bayi tersebut kemungkinan menderita gagal jantung kongestif. Perubahan warna sepeti itu bisa terjadi sepanjang hari atau hanya saat sedang melakukan aktifitas tertentu saja seperti makan.

Efek samping pembengkakan jantung pada bayi selain bisa mengakibatkan pembekuan darah dan menyulitkan untuk bernafas juga bisa mengakibatkan terjadinya gagal jantung kongestif. Hal ini merupakan jenis penyakit jantung yang cirinya ditunjukan dengan nafas pendek dan terjadi pembengkakan disekitar daerah perut, mudah lelah serta batuk.

Artikel Terkait Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *