Penyebab Jantung Berdebar – Debar Menurut Para Dokter

Penyebab Jantung Berdebar – Debar Menurut Para Dokter – Jantung merupakan organ dalam tubuh manusia yang harus dijaga kesehatannya, apabila jantung terkena penyakit maka tubuh akan merasakan dampaknya karena jantung memompa darah keseluruh tubuh.

Ada masanya jantung berdebar – debar ketika Anda berada di luar kemampuan atau kontrol diri Anda sendiri seperti misalnya ketika sedang gugup, saat akan menghadapi wawancara kerja, menunggu hasil pengumuman dan masih banyak lagi dan yang menjadi masalah adalah saat jantung berdebar – debar setiap hari.

Bagi orang normal denyut jantung 60-100 denyutan permenit denyut jantung yang umum terjadi adalah 70 denyutan permenit dan jika denyutan jantung lebih dari itu bisa jadi Anda sedang terkena penyakit terutama pada bagian jantung, hormon, anemia dan tumor.

Penyebab Jantung Berdebar – Debar Menurut Para Dokter

Penyebab Jantung Berdebar - Debar Menurut Para Dokter

  • Faktor Genetik

Apabila dalam riwayat keluarga Anda ada yang mengalami serangan jantung atau penyakit jantung maka resiko mengalami jantung berdebar – debar semakin tinggi jika dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai riwayat serangan jantung.

  • Radikal Bebas

Salah satu penyebab penyumbatan pembuluh darah terutama pembuluh darah yang berada dibagian jantung adalah radikal bebas. Asap rokok, polusi udara dan masih banyak lagi faktor yang bisa menyebabkan pembuluh darah mengalami penyumbatan itu dapat mengakibatkan jantung sulit untuk memompa darah dan menyebabkan jantung berdebar – debar.

  • Stress

Penyebab yang bisa mengakibatkan jantung berdebar – debar adalah stress karena disaat Anda sedang mengalami jantung yang berdebar – debar syaraf di otak akan mengalami penyempitan dan jantung akan kesulitan memompa darah keseluruh tubuh.

  • Mengkonsumsi Obat – Obatan

Ada beberapa obat – obatan tertentu yang bisa menyebabkan jantung berdebar – debar terutama obat yang berhubungan dengan hipertensi atau darah tinggi.

  • Obesitas atau Berat Badan Berlebih

Seseorang yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas bisa mengalami jantung berdebar – debar karena orang yang memiliki berat badan berlebih berarti mempunyai banyak lemak di dalam tubuhnya dan lemak itu bisa mengganggu kinerja jantung dan mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah sehingga jantung bisa berdebar – debar.

  • Mengkonsumsi Kafein

Orang yang mengkonsumsi kafein secara berlebihan bisa menyebabkan jantung berdebar – debar. Karena kafein tidak baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi kafein secara berlebihan bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang berada di bagian jantung dan jantung akan terbebani saat memompa darah keseluruh tubuh sehingga bisa menyebabkan jenyung berdebar lebih cepat.

  • Minuman Beralkohol

Mengkonsumsi alkohol dengan kadar yang sedikit bisa mengurangi tekanan darah tinggi tapi jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah dan membebani jantung ketika akan memompa darah sehingga jantung bisa berdebar – debar, mengkonsumsi alkohol juga bisa menyebabkan kerusakan jantung.

  • Junk Food

Orang yang gemar mengkonsumsi junk food bisa mengalami jantung berdebar – debar karena banyaknya bahan pengawet yang terkandung di dalamnya sehingga menyebabkan kinerja jantung semakin berat.

Oleh karena itu untuk menghindari jantung berdebar – debar, Anda harus menjauhi penyebab jantung berdebar – debar dan menerapkan pola hidup sehat yang benar.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *